Halaman

Kamis, 20 Maret 2014

Bina Citra Pasca Sumpah

Bina Citra Pasca Sumpah

Secara awam, argo pengabdian pejabat negara dimulai pasca sumpah jabatan. Wajib awal yang dilakukan adalah mewujudkan dan membuktikan janjinya ke dalam bentuk program kerja yang dilaksanakan dari minggu ke minggu. Kampanye kerja yang dilakukan adalah pendekatan hati ke hati. Soal bisa menyelesaikan kontrak waktu lima tahun, urusan nanti.

Kinerja dan prestasi hanya bisa diraih dengan menggerakkan semua SDM yang menjadi tangung jawabnya, menjadi suatu sistem yang sinergis. Menjalin kerja sama dengan semua pihak. Ikatan moral dengan lawan politik bisa menghilangkan ‘siapa aku’ diganti dengan ‘kita’. Jika sistem terbentuk, ketiadaan seseorang di tempat dapat ditangani oleh yang lain.


Masalahnya, jika sang pejabat begitu start hanya mengingat balas jasa, balas budi bahkan balas dendam, ibarat menebar bara. Bisa-bisa setiap orang mendoakan yang jelek. Walau tiap awal pekan kampanye, orang malah semakin jenuh dan antipati, karena kampanyenya bak promosi, potong harga maupun cuci gudang barang yang cacat, kedaluwarsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar