Halaman

Rabu, 19 Agustus 2020

gembala politik global tak rela jika


gembala politik global tak rela jika

Rumpun Melayu yang mendominasi bangsa Indonesia, masih kentara, kental, nyata, jelas pada watak dasar yang suka dipuja, hobi dipuji, gemar disanjung. Kelamaan tidak ada pihak yang memuja dirinya, maka ybs tanpa malu-malu memuji dirinya. Hebatnya lagi, sudah ada loyalis yang mendapat tugas mulia sebagai juru sanjung. Antara penjilat dan penghujat, beda tipis.

Budaya asing peninggalan penjajah masih merasuki lubuk hati anak bangsa pribumi, bumiputera, putra-putri terbaik aseli daerah. Dikenal dengan istilah mo limo atau 5M. Agar tak menimbulkan multitafsir, penulis sengaja tak mentafsirkannya. Kendati masuk kategori penyakit masyarakat. Berkat pertambahan tindak laku aksi LGBT, secara yuridis berbasis HAM tak bisa diperkarakan. Penyakit masyarakat naik strata menjadi watak bangsa yang bernegara multipartai. Kian mantap dengan mewabahnya penyakit politik.

Antar manusia sigap saling libas, saling tindas, saling gilas dalam lipatan. Tak ada pasal nista untuk saling mengorbankan. Ada pasal asing  bellum omnium contra omnes” (perang semua melawan semua). Manusia tergolong sebagai makhluk homo homini socius. Artinya, manusia sebagai mitra sosial bagi manusia lainnya, selain sebagai makhluk individu yang memiliki jati diri (citra, pesona, wibawa). Soal yang diperebutkan adalah barang yang sama, bisa tahu sama tahu. Dalil koalisi sampai kolaborasi.

Éfék domino éra mégatéga, gembala penyesat vs gembala penghasut. Di hamparan padang dan hutan belantara ideologi Nusantara, gembala dengan segala keahliannya, semakin mendapat tempat. Dukungan berlimpah dari investor politik lokal, interlokal, regional, nasional, multinasional hingga global, tak kunjung surut pantang susut. Efék domino perjanjian dengan setan lama maupun persepakatan dengan setan di éra mégatéga, tentu tak ada yang gratis. Operasi sigap 24 jam, sebelum anak bangsa Nusantara menjadi pengikut setianya.

Gembala domba aduan vs peternak ayam sayur, menjadi andalan.[HaéN]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar